Membuat Background Folder (Windows XP)

Menghias Tampilan Flashdisk udah saya bagi teniknya sebelumnya, tapi kalo teknik itu digunakan untuk membuat background di folder-folder kok gak bisa yach...!? hhmmm... kali ini saya pengen ngasih tau caranya biar di tiap folder yg kita kehendaki, bisa kita bikin backgroundnya.

Pertama-tama yang harus kita lakukan yaitu merubah icon folder terlebih dahulu, caranya!? buka folder yang ingin kita customize, misal "D:\Downloads", klik kanan pada area kosong lalu pilih menu "Properties"Pada jendela dialog pilih Tab "Customize" lalu klik tombol "Change Icon...", secara default windows akan membuka file "SHELL32.dll" yang berisi icon-icon standart windows. Pilih salah satu icon yang kita kehendaki atau klik tombol "Browse..." untuk memilih icon dari file yang lain. Kalo udah klik OK 2x.




Tahap selanjutnya!?
Pada jendela aktif folder pilih menu "Tools - Folder Options..."
Setelah muncul jendela dialog, pilih Tab "View", pada bagian "Advanced Settings" aktifkan option "Show hidden files and folders" dan hilangkan tanda cek pada option "Hide extentions for known file types" dan "Hide protected operating system files (Recomended)". - [Ketika hendak menghilangkan tanda cek pada option ketiga akan muncul peringatan yang menyatakan berbahaya jika melakukannya. Pilih yes aja karna nanti bisa kita kembalikan settingnya] -





















Kalo udah, klik OK. Maka akan kita temukan satu file dengan nama "desktop.ini" yang terlihat pudar.
Buka file tersebut (secara default terbuka menggunakan Notepad), pada file tersebut akan kita temui script yang aneh. Aneh?? Tidak juga... file ini dibuat oleh windows ketika kita mengganti icon folder tadi. Script yang kita lihat seperti berikut:

[.ShellClassInfo]
IconFile=%SystemRoot%\system32\SHELL32.dll

IconIndex=3

dimana "%SystemRoot%\system32\SHELL32.dll" merupakan lokasi dan nama file sumber iconnya, dan angka 3 merupakan nomor urut icon dalam file tersebut (terhitung dari 0). Yang perlu kita lakukan selanjutnya yaitu menambahkan script pada file desktop.ini seperti yang sudah kita lakukan untuk membuat background Flashdisk (jangan lupa file gambarnya dimasukan kedalam folder itu).
Kemudian save dan tutup. Kembali ke folder tadi, klik kanan pada area kosong dan Refresh. Apa yang terjadi!? ^_*Selamat mencoba...
Add to Technorati Favorites

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Membuat Background Folder (Windows XP)"

  1. Thanks bro......

    good posting......
    i like it....!!!

    ReplyDelete
  2. kalo vista gmn bro??

    ReplyDelete
  3. klo vista gmn cara'a??

    ReplyDelete
  4. ribet amat pake aplikasi DJ aja simpel lagi

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. o ea yg di lakuin apa sie,,, q gx ngerti lo bang !

    ReplyDelete
  7. Windows Vista tutornya disini

    http://armanks.blogspot.com/2008/08/background-folder-windows-vista.html

    ReplyDelete
  8. Makasih ya mas atas tips yg di buat

    ReplyDelete
  9. desktop.ini disini tidak keluar gan

    ReplyDelete
  10. ok, sudah keluar desktop.ini nya :))
    dan juga berhasil di coba :D

    ReplyDelete
  11. makasih banyak buat infonya, di coba yaa..

    ReplyDelete