Menghias Tampilan Flash Disk


Flash Disk!? siapa sih yang gak kenal ma yang satu ini, biar bentuknya kecil namun dapat menampung banyak data. Dan kini keberadaannya perlahan menggeser nama Floppy Disk dari ingatan kita (hehehe... gak sampe segitunya kali...). Hhhmmm..... kali ini saya ingin berbagi sedikit trik tuk memperkeren tampilan Flash Disk milik kalian masing-masing. Seperti mengganti icon Flash Disk dan juga membuat background pada Flash Disk mu ketika di browsing.

Untuk merubah icon FD seperti di atas kita yang kita perlukan yaitu sebuah file icon dan satu file dengan nama "Autorun.inf". Untuk iconnya dapat berupa file icon dengan ekstensi *.ico atau dapat juga berupa file gambar bitmap dengan ekstensi *.bmp. Sedangkan untuk file Autorun.inf harus kita buat terlebih dahulu, caranya buka aplikasi Notepad (umumnya terdapat di Start Menu - Programs - Accessories) kemudian ketikan script berikut ini:

[autorun]
icon=iconfd.ico

dimana iconfd.ico merupakan nama file icon beserta ekstensinya (ingat! jika berupa gambar bitmap berarti ekstensinya *.bmp). Kemudian save. Sewaktu muncul dialog save pada box file type yang sebelumnya berisi tuliasan "Text Documents (*.txt)" ubah menjadi "All Files" dengan mengklik tombol drop-down nya, lalu save dengan nama file "Autorun.inf" - [Tambahan: file autorun ini biasanya digunakan untuk menjalankan aplikasi secara otomatis pada cd-cd software/aplikasi] - . Setelah kedua file yang kita butuhkan siap, copy kedua file tersebut kedalam FD kalian, plug-out n' plug-in kembali FD kalian dan lihat bagaimana hasilnya :)Untuk memberikan latar belakang seperti pada gambar di atas kita memerlukan sebuah file gambar dan satu file dengan nama "Desktop.ini". Seperti file Autorun sebelumnya, untuk file Desktop.ini harus kita buat terlebih dahulu dengan cara yang sama, buka aplikasi Notepad kemudian ketikan script berikut ini:

[ExtShellFolderViews]
{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}={BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}

[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
IconArea_Image=Background.bmp
IconArea_Text=0x00FC6423

dimana Background.bmp merupakan nama file gambar beserta ekstensinya dan 0x00FC6423 merupakan kode warna untuk tulisan-tulisan pada nama-nama folder/file. Kemudian save dengan cara yang sama seperti file autorun tadi, hanya nama filenya berikan "Desktop.ini". - [Tambahan: kalo bingung untuk dapatkan kode warnanya, kalian bisa download softwarenya, klik aja di sini] - . Setelah kedua file yang kita butuhkan siap, copy kedua file tersebut kedalam FD kalian, refresh pada halaman FD kalian dan lihat hasil kreasi kalian :)
Selamat mencoba..... ;)

Add to Technorati Favorites

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Menghias Tampilan Flash Disk"

  1. :) thankz_bangeeed

    ReplyDelete
  2. flash disk gue ko ga ga bisa dihias, napa ya? apa salah tipnya tuh...he..he.. gambar bagrounnya mana dimana?

    ReplyDelete
  3. bang, minta code warna text ;)

    ReplyDelete